INFO
Melalui LAPOR Target 90-100 Pengaduan Masyarakat  Perbulan

Melalui LAPOR Target 90-100 Pengaduan Masyarakat Perbulan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelatihan penanganan pengaduan bagi pejabat penghubung pada SOPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya selama dua hari telah berakhir pada tanggal 19 juni 2019.

Hasil konfirmasi awak media center isen mulang melalui whatsApp, Rabu (19/6/2019) dengan pelaksana program yang diwakili oleh JPIC Kalimantan untuk Kota Palangka Raya, Bama Adiyanto menuturkan melalui program yang dilaksanakan oleh YAPPIKA, PATTIRO dan JPIC wilayah Kalimantan di Kota Palangka Raya melalui Program USAID CEGAH ini, Jumlah pengaduan masyarakat diharapkan masuk sebanyak minimal 1100 pengaduan masyarakat selama periode program yakni 1 tahun, atau 90-100 pengaduan perbulan.

Bila dilakukan percepatan bisa 183-200 pengaduan masyarakat perbulan. Dari target pengaduan masyarakat tersebut, minimal 50-60 persen pengaduan dapat terselesaikan.

Lanjut Bama, Aspek yang harus segera dibenahi antara lain membangun komitmen dan langkah bersama, dari kepala daerah, pimpinan OPD/Unit serta aparatur Pemerintah Kota Palangka Raya.

Utamanya adalah bagaimana pengaduan publik yang telah disampaikan oleh masyarakat ditindak lanjuti dan diselesaikan (yang menjadi kewenangannya), agar menimbulkan kepuasan bagi masyarakat.

Pelatihan ini telah menghasilkan rumusan berupa penyusunan Rencana Tindak Lanjut (action plan) bersama-sama peserta diantaranya; pertama menjaring dan menghimpun pengaduan dari masyarakat dan menyelesaikanya. Dilakukan dengan cara mengembangkan dan mengoptimalkan saluran pengaduan yang telah disediakan oleh Pemko Palangka Raya selama ini, serta menginputnya ke dalam aplikasi LAPOR! oleh SOPD.

Kedua melaksanakan peningkatan kapasitas Aparatur pengelola pengaduan baik dalam pengoperasian LAPOR!-SP4N dan proses penyelesaian pengaduan yang disampaikan oleh publik yang dilakukan secara terencana dan berkala.

Selanjutnya ketiga menyusun agenda sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosialisasi yang efektif dan masif. Dan keempat melakukan pendampingan dan monitoring terhadap proses pelaksanaannya.

Rencana aksi ini pun sebagai upaya percepatan pencapaian target 90 – 100 pengaduan masyarakat per bulan, tutupnya. (MC Isen Mulang/tina).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*