INFO
Memotret Hasil Coblosan saat di Bilik Suara Dilarang

Memotret Hasil Coblosan saat di Bilik Suara Dilarang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Banyak cara dilakukan para pemilih untuk membuktikan dukungan kepada calon yang dipilih saat pemilu. Misalnya memfoto kertas surat suara yang mereka coblos.

Namun cara seperti itu rupanya dilarang dan melanggar aturan kepemiluan. Maka dari itu trik seperti itu dalam pemilu 2019 tidak diperbolehkan lagi.

Saat pemilu 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak membolehkan jika ada calon pemilih yang membawa telepon seluler kemudian memfoto hasil coblosan saat di dalam bilik suara.

“Membawa telepon saat mencoblos boleh saja, tapi tidak boleh digunakan untuk memfoto,” kata Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Budi Sulistiobudi.

Penegasan itu disampaikan saat Eko Budi menjadi pembicara diacara sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu kepada organisasi masyarakat dan media yang diadakan Bawaslu Kota Palangka Raya, Minggu (10/3/2019).

Eko menyarankan agar kasus memfoto hasil pencoblosan kertas surat suara oleh pemilih bisa diminimalisasi, maka seyogyanya para calon pemilih diimbau untuk tidak membawa telepon seluler saat masuk ke dalam bilik suara. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*