INFO
Menandai Hari Primata Internasional, 8 Orangutan Hidup Bebas di TN Bukit Baka Bukit Raya

Menandai Hari Primata Internasional, 8 Orangutan Hidup Bebas di TN Bukit Baka Bukit Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Palangka Raya kembali melepasliarkan 8 individu orangutan hasil program rehabilitasi ke habitatnya.

Pelepasliaran ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ini dalam memperingati International Primate Day atau Hari Primata Internasional yang jatuh 1 September setiap tahun.

Pelepasliaran ini adalah hasil kerja sama Yayasan BOSF, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), dan USAID LESTARI.

Pelepasliaran ke 8 individu ini menambah populasi orangutan hasil pelepasliaran di wilayah TNBBBR Kabupaten Katingan menjadi 136 individu.

Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOSF mengatakan ke 8 individu orangutan yang dilepasliaran ini terdiri dari tiga jantan dan lima betina. Mereka dibawa dalam dua kali pemberangkatan ke lokasi pelepasliaran di DAS Hiran.

“Perjalanan memakan waktu sampai 19 jam. Lokasi pelepasliaran sebelumnya terletak di DAS Bemban terletak 15 jam jauhnya dari Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng,” katanya, Senin (9/9/2019).

Lokasi pelepasliaran di sepanjang Sungai Hiran dimanfaatkan untuk lebih memaksimalkan persebaran populasi orangutan hasil rehabilitasi. Hasil survei awal menunjukkan bahwa hutan taman nasional di wilayah ini memiliki potensi dukungan yang baik bagi kegiatan pelepasliaran orangutan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*