INFO

Mendikbud : Anak Didik akan Diberikan Dua Raport

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan materi seminar nasional bertema tentang membangun Provinsi Kalimantan Tengah dalam perspektif pendidikan dan kebudayaan, Senin (17/7/2017).

Seminar ini diadakan di rumah jabatan Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia di Jalan Diponegoro pukul 14.00 WIB. Dalam kesempatan ini Mendikbud membeberkan pentingnya penguatan karakter dalam pendidikan. 

Salah satunya menggunakan prinsip manajemen berbasis sekolah atau manajemen pendidikan berbasis sekolah. Pola pendidikan seperti dia sampaikan saat membuka acara seminar terkait wacana pemindahan ibu pemerintahan RI di Kalimantan Tengah.

“Pusat pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat harus berjalan sama-sama. Selama ini tiga ini berjalan sendiri,” kata Effendy di hadapan para kepala sekolah dan ratusan guru yang hadir.

Selain dihadiri para guru, acara seminar ini juga dihadiri Walikota Palangka Raya Riban Satia, tokoh masyarakat, anggota dewan, tokoh pemuda, TNI, dan Polri.

Dalam sambutannya Mendikbud juga akan menyinkronkan waktu libur guru dengan aparatur sipil negara (ASN) agar memiliki waktu cukup dengan keluarga. Akhir pekan juga bisa dimanfaatkan untuk penguatan pendidikan karakter bersama keluarga.

“Jadi guru memiliki 8 jam dalam tugasnya, termasuk memantau belajar di masyarakat. Di masyarakat sendiri menggunakan aktif learning,” tuturnya.

Mendikbud menambahkan ke depan akan ada dua raport yang akan diterima anak didik, sehingga guru tidak hanya mencatat berupa nilai angka yang bersumber dari kurikulum, namun juga mencatat kepribadian atau karakter anak.

“Raport yang kedua sampai pada penilaian karakter dan prestasi di sekolah, masyarakat maupun keluarga,” tegasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*