INFO
Menggali Isu dan Informasi Dari Narasumber

Menggali Isu dan Informasi Dari Narasumber

MEDIA CENTER, Depok – Detak jantung dari jurnalisme terletak dari sumber berita, dia harus tahu kemana mencari informasi, siapa yang harus ditanya. Kepentingan tersebut Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) gelar Bimtek Penulisan Feature majalah Government Public Relations (GPR) News dilaksanakan di The Margo Hotel Jalan Margonda Raya Kota Depok, Jumat (2/8/2019).

Redaktur Kompas.com Enggar Harususilo sebagai narasumber menyampaikan, “Cari angle yang mau diangkat mempunyai nilai berita”.

Ada beberapa kriteria yang digunakan jurnalis apakah informasi tersebut berita atau bukan berita, antara lain faktual atau aktual, berdampak, kedekatan, human interest. Dan tidak kalah penting adalah persiapan wawancara mengenai topik dan narasumbernya.

Dalam jaman milenial dalam membuat berita perhatikan 5W+1H+1S, 1S yang terakhir ini adalah Secure (Undang-undang ITE). Dan perlu diingat tugas jurnalis adalah mencari informasi, bukan menghakimi. Dan ketika ingin membuat berita Feature gali lah secara dalam narasumber kita.

Tambahnya, basa-basi di awal wawancara inilah kita bisa mendapat sisi humanisnya narasumber yang bisa memperkaya penulisan kita. Perlu diingat narasumber adalah aset buat jurnalis, sehingga kita perlu minta izin dulu jika merekam suara atau videonya, ujar Enggar Harususilo diakhir penjelasannya. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*