INFO
Meningkatkan SDM Pemandu Wisata Alam Ekowisata

Meningkatkan SDM Pemandu Wisata Alam Ekowisata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perlunya wisatawan dilayani berdasarkan pengetahuan dan keterampilan guiding sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), maka di adakan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Ekowisata, di Hotel Luwansa Jalan G Obos Palangka Raya, Selasa (25/6/2016)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Palangka Raya Hj.Norma Hikmah dalam laporannya, menyampaikan tujuan pelatihan yaitu salah satunya peningkatan kompetensi pramuwisata Kota Palangka Raya dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia.

Pelatihan ini diikuti 40 orang yang terdiri dari kelompok pemandu wisata, kelompok sadar wisata yang tidak berlatarbelakang pendidikan kepramuwisataan. Pelaksanaan dilaksanakan tanggal 25 sd 27 Juni 2019. Hari terakhir tanggal 27 tersebut dilakukan praktek lapangan di Taman Nasional Sabangau.

Walikota Palangka Raya dalam hal ini diwakili Staf Ahli Walikota Renson dalam sambutannya mengungkapkan, pariwisata Kota Palangka Raya memiliki modal alam yang masih terjaga, unik dan asri. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun wisatwan mancanegara. Sehingga diperlukan pemandu wisata yang handal.

Kegiatan pemandu wisata ini merupakan program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang disalurkan ke daerah melalui DAK non fisik, kegiatan Dana Pelayanan Pariwisata Tahun 2019. Hal ini bentuk perhatian pemerintah pusat kepada  SDM kepariwisataan di Kota Palangka Raya.

Diakhir sambutannya, Renson mengungkapkan kepada para peserta, kita bersyukur dan patut menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Semoga semakin meningkatkan skill dibidang pemandu wisata. (MC Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*