INFO

Menjelang Perayaan Paskah Umat Kristiani Palangka Raya Bersih-Bersih Kubur

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menjelang perayaan Paskah, Umat Kristiani Kota Palangka Raya, Sabtu (15/4-2017) sibuk membersihkan kubur. Ini merupakan rutinitas yang dilakukan setiap tahun. Warga memperbaiki nisan yang ada dikubur orangtua, saudara, maupun sanak famili yang mulai memudar karena terkena hujan panas dan membersihkan dari rumput-rumput liar.

Selain untuk menghormati arwah orang terkasih yang telah meninggal terlebih dahulu, ritual bersih kubur juga merupakan bagian dari persiapan Paskah. Perayaan itu sendiri akan diadakan ibadah di pekuburan, hari minggu pagi besok, mulai pukul 04.00 WIB dini hari.

Kegiatan perayaan di pekuburan tersebut diyakini oleh umat kristiani sesuai dengan yang diimani sejak dahulu kala, “bahwa pada hari minggu dini hari Yesus yang telah disalibkan dan wafat pada hari jumat, ternyata pada hari ke tiga mayat Yesus sudah tidak ada dalam kubur IA telah bangkit, itu yang dituturkan Sylvana yang ditemui tim Media Center di Pekuburan Kristen km 12 Palangka Raya.

Di pinggir jalan masuk menuju pekuburan berjejer pedagang dadakan yang menawarkan jualannya berupa rangkaian bunga, bunga tabur dan lilin. Disisi lain Kegiatan ini tentunya mendatangkan rezeki bagi pedagang yang sudah berjualan sejak hari jumat hingga Paskah Minggu pagi.

Selain penjual bunga dan lilin, juga mendatangkan rezeki juga untuk jasa penyewaan tenda yang dipasang di pekuburan. Tenda yang dipesan oleh sanak keluarga yang akan mengikuti ibadah Paskah minggu pagi, mereka menyewa tenda menghidari takut turun hujan sewaktu mengikuti ibadah. Dan tenda-tenda ini juga sudah mulai dipasang sejak hari jumat. (MC. Isen Mulang/YK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*