INFO
Menteri Dalam Negeri Membuka Rakernas XIV APEKSI Tahun 2019

Menteri Dalam Negeri Membuka Rakernas XIV APEKSI Tahun 2019

MEDIA CENTER, Semarang – Perhelatan Rakernas XIV Tahun 2019 yang diikuti Walikota seluruh Indonesia, yang digelar  Rabu (3/7/2019). Acara yang berlangsung  di Kota Semarang sejak tanggal 2 s.d 5 Juli 2019 di Hotel PO Semarang.

Rakernas APEKSI yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo menyampaikan Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi dan mengucapkan terimakasih atas dukungan para walikota dalam melaksanakan pilkada secara serentak baik pileg dan pilres yang berjalan demokratis, aman, tertib dan singkat partisipasi dan semua berkat keseriusan, kepedulian khususnya peran serta dari seluruh Walikota.

Lanjutnya, melalui Rakernas ke XIV Pemerintah Kota melalui APEKSI terus mengawal dan mendukung agar target pencapaian yang berkaitan dengan sisa anggaran pembangunan dalam RPJMD 2014 – 2019 harus bisa terlaksana dengan tuntas.

Menurutnya, APEKSI harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar 93 daerah kota otonomi dan 5 daerah kota administrasi untuk mengambil langkah-langkah penyesuaian rancangan RPJMN 2020-2025 sebagai penjabaran visi misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam rancangan perubahan masing-masing RPJMD Pemerintah Kota sehingga sinkronisasi pembangunan pusat dan daerah berjalan dengan baik.

Ketiga, Pemerintah Kota harus mampu menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perkotaan.

Menurutnya, sangat kita sadari bersama, bahwa pemerintah kota akan terus dihadapkan pada tantangan yang pasti akan lebih besar di masa depan diantaranya tingkat urbanisasi yang masih tetap tinggi, pembukaan lapangan kerja, penyediaan perumahan dan kebutuhan pokok yang layak serta persoalan transportasi yang semakin kompleks.

Konsekwensinya pemerintah kota melalui APEKSI diharapkan untuk terus membangun kerjasama yang baik, membangun sinergitas, konektivitas khususnya dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten agar kompleksitas permasalahan perkotaan yang terus berkembang mampu ditangani secara sinergi. (MC Isen Mulang/Iin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*