INFO

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Kunjungi Taman Nasional Sabangau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengunjungi Taman Nasional Sebangau, Sabtu (13/5/2017).

Siti Nurbaya bersama Executive Director UN Environment, Erik Solheim beserta rombongan berangkat dari Dermaga Kereng Bangkirai, Palangka Raya pukul 07.45 WIB menuju Taman Nasional Sebangau.

Mereka juga didampingi Plt Sekda Kalteng, Syahrin Daulay dan Walikota Palangka Raya, Riban Satia. Lokasi utama yang mereka tuju adalah Taman Nasional Sabangau yakni Destinasi Wisata Resort Mangkok yang masuk wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Kawasan itu merupakan tempat rehabilitasi hutan gambut yang ada blocking kanal-nya. Normal perjalanan menuju Resort Mangkok diperkirakan 1,5 jam.

Namun jika santai diperkirakan butuh waktu 2 jam. Kunjungan sang menteri ini berjalan aman dan lancar. Semua rombongan kembali tiba di Dermaga Kereng Bengkirai pukul 12.15 WIB.

Siti Nurbaya mengaku keindahan Taman Nasional Sebangau sangat bagus. “Ini real kondisi di lapangan yang memang harus kita kelola dengan baik,” kata Siti Nurbaya seusai berkunjung di Taman Nasional Sabangau.

Siti Nurbaya menuturkan potensi Taman Nasional Sabangau cukup banyak. Tapi ia kembali menyebut harus dikelola dengan baik. “Sekarang kita tidak cukup dengan bicara potensi. Jadi harus dikelola. Dikelola juga tidak cukup sekarang, kalau kita bicara daya saing. Jadi ada inovasi,” ungkapnya.

Siti Nurbaya menilai Taman Nasional Sebangau sangat bagus dan bisa menjadi contoh di Indonesia. “Pemerintah pusat sudah melihat banyak dan dari sini nanti bisa kita ambil contoh untuk tata kelola kedepannya bagaimana,” bebernya.

Menurutnya KLHK bersama pemerintah daerah akan bersama-sama untuk mengembangkan Taman Nasional Sebangau menjadi pusat pertumbuhan wilayah. Pemerintah daerah juga harus memikirkan bersama untuk mencapai mengembangan wisata Taman Nasional Sabangau.

Sementara itu Erik Solheim juga mengaku terkesan dengan keindahan Taman Nasional Sabangau. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada petugas Indonesia, terutama aparat lokal di Kalteng yang telah menjaga baik orangutan maupun tanah gambut. Sehingga Taman Nasional Sabangau tetap terjaga.

Walikota Palangka Raya, Riban Satia juga mengajak bersama-sama untuk mengembangkan Taman Nasional Sabangau. Sebab Taman Nasional ini terletak tidak hanya di Palangka Raya tapi ada juga masuk ke kabupaten lain, sehingga mencakup wilayah Kalteng.

“Mari bersama-sama kita ekspos agar pengunjung setiap saat datang ke Taman Nasional Sabangau,” ucap Wali Kota Palangka Raya ini. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*