INFO
Menuju Smart City Kecamatan Pahandut Terapkan Paten Berbasis Online

Menuju Smart City Kecamatan Pahandut Terapkan Paten Berbasis Online

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masyarakat Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya patut berbangga, di penghujung tahun 2019 ini Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sudah dapat diakses secara online berbasis website dan Android.

Hal tersebut dilakukan, dalam rangka mendukung Visi dan Misi Walikota Palangka Raya mewujudkan Kota “Cantik” kota yang Smart City.
Layanan tersebut mencakup lebih dari 30 jenis surat-menyurat yang dapat diakses secara online melalui website Kecamatan Pahandut secara resmi di https://kec-pahandut.palangkaraya.go.id.

Camat Pahandut Kota Palangka Raya, Naimah, mengungkapkan  produk layanan Digital Paten berbasis online tersebut merupakan inovasi yang dilakukan Kecamatan dalam rangka efektivitas dan efesiensi palayanan di Kecamatan. Dia juga menjelaskan, untuk tahap awal sebagai pilot project dilakukan di Kelurahan Pahandut.

“Masyarakat khususnya Kelurahan Pahandut dapat mengakses website kecamatan pahandut atau mendownload file yang saat ini tersedia di website untuk diinstal di android. Masyarakat juga bisa langsung datang ke Kelurahan Pahandut dan kita akan menyediakan layanan berupa e-kios yang akan tersedia di bulan November 2019” ujarnya di Kantor Kecamatan Pahandut, Kamis, (31/10/2019).

Dijelaskan, dalam pelayanan Paten online, masyarakat yang membutuhkan pelayanan cukup menginput Nomor Induk Kartu Tanda Penduduk sesuai dengan jenis layanan yang diinginkan di aplikasi, dan aplikasi akan secara otomatis memproses. Masyarakat boleh memprint langsung atau bisa juga memprint melalui operator di Kelurahan Pahandut.

Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Subandi saat melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Ketua dan Anggota ke Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya terkait pemanfaatan Teknologi Informasi dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kedepan bisa menjadi pilot project dan diterapkan sebagai standar pelayanan Pemerintah Kecamatan di Kota Palangka Raya.” harapnya.

Kunjungan Kerja Komisi A tersebut, selain melihat secara langsung pelayanan administrasi terpadu kecamatan di Kecamatan Pahandut juga menggali kendala dan masalah yang dihadapi kecamatan dalam pelayanan terhadap masyarakat. (MC Isen Mulang/Dina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*