INFO
Menumbuh Kembangkan Kecintaan Generasi Muda/Mudi Hindu Pada Tandak Intan Kaharingan

Menumbuh Kembangkan Kecintaan Generasi Muda/Mudi Hindu Pada Tandak Intan Kaharingan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Untuk meningkatkan Kecintaan para generasi muda/mudi Hindu Kaharingan pada Tandak Intan Kaharingan Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan Kota Palangka Raya melaksanakan Seleksi Festival Tandak Intan Kaharingan  Se Kota Palangka Raya Tahun 2019, Jumat (6/12/2019) Bertempat di Balai Induk Hindu Kaharingan  dari tanggal 6 sampai 8  Desember 2019.

Staf Ahli Walikota Palangka Raya, Murni Djinu yang membuka kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan saya atas nama Pemerintah Kota Palangka Raya menyambut baik atas terselenggaranya  Festival Tandak Intan Kaharingan ini, saya mengucapkan selamat  kepada panitia dan peserta yang akan melaksanakan acara tandak intan kaharingan.

Festival Tandak Intan Kaharingan merupakan sarana untuk lebih memaknai ajaran beragama serta mendekatkan diri kepada ranying  Hatala langit (Tuhan Yang Maha Esa), untuk itu saya berharap Festival Tandak Intan Kaharingan Tahun ini dapat memberikan nilai-nilai spritual yang lebih tinggi kepada kita dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kemudian melalui Festival Tandak Intan Kaharingan ini,mari kita renungkan kembali hakikat kehidupan di dunia ini seraya memohon petunjuk dan bimbingannya, semoga kedamaian sebagai buah dari persatuan dan kesatuan diantara kita.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini sesuai fungsinya adalah untuk menambah dan memberi pengetahuan ilmu keagamaan bagi umat hindu kaharingan, terutama  anak-anak dan remaja sehingga mereka lebih memahami dan mendekatkan diri kepada raying hatala langit atau Tuhan Yang Maha Esa.

Ketua Panitia Festival Tandak Intan, Juliadie mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan diantaranya adalah untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai wujud pemahaman ajaran  penyang hinje simpei Paturung Humba Tamburak serta  mempersatukan dan menyamakan persepsi tentang seni membaca kitab suci panaturan, melantunkan lagu kandayu dan tandak, yang lebih penting lagi adalah untuk persiapan kontingen Kota Palangka Raya pada Festival  Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat/Provinsi Kalimantan Tengah ke X Tahun 2020 di Palangka Raya, Peserta Seleksi Festival Tandak Intan Kaharingan ini diikuti oleh lima Kecamatan se Kota Palangka Raya, tutup Juliadie. (MC.Isen Mulang/Adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*