INFO
Minim Peserta, Lomba Perahu Hias FBIM Masih Jadi Primadona

Minim Peserta, Lomba Perahu Hias FBIM Masih Jadi Primadona

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Lomba  perahu hias menjadi salah satu lomba dihari terakhir pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Provinsi Kalteng yang digelar sejak 17 sampai dengan 22 Juni 2019 di Kota Palangka Raya.

Selain lomba tari pedalaman, tari pesisir, karnaval budaya, besei kambe (besei hakalawan), maka lomba perahu hias ini juga tak kalah menariknya dalam menyedot perhatian penonton.

Buktinya, pada Sabtu (22/6/2019) siang, ribuan warga tumpah ruah menyaksikan lomba perahu hias yang dilaksanakan di Sungai Kahayan (kawasan Jembatan Kahayan) Palangka Raya.

Bahkan tidak sedikit  para wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman), tertarik untuk  menyaksikan langsung lomba perahu hias yang menjadi salah satu keanekaragaman adat dan budaya serta kearifan lokal di Kalteng.

Hanya saja disayangkan, pada perhelatan FBIM 2019 ini, tidak semua peserta kabupaten di Kalteng mengikuti lomba yang satu ini. Namun baiknya, sejumlah OPD  provinsi Kalteng turut berpartisipasi mengikuti kegiatan lomba perahu hias ini, sehingga tidak mengurangi  ramainya  lomba.

Dari pantauan, ribuan penonton membludak, terutama disekitar bantaran sungai kawasan bawah Jembatan Kahayan, Taman pasuk Kameloh, café terapung Flamboyan Bawah, kawasan Dermaga Tugu Soekarno, Masjid Kerucut.

Terlihat juga masyarakat yang ada di kawasan Pahandut Seberang Palangka Raya terlihat antusias mengikuti atraktifnya lomba perahu hias tersebut.

“Lomba perahu hias FBIM ini masih menjadi primadona,” celetuk salah seorang panitia FBIM, seraya melihat membludaknya penonton yang ada di bawah Jembatan Kahayan

Adapun pada perlombaan perahu hias ini,  untuk juara pertama diraih kabupaten Murung Raya,  juara kedua Kota Palangka Raya dan juara ketiga Kabupaten Katingan. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*