INFO
Monev PPID Pemerintah Kota Palangka Raya

Monev PPID Pemerintah Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam rangka pembinaan dan pengendalian penataan pengelola layanan informasi dan dokumentasi, Diskominfo Kota Palangka Raya selaku PPID Utama adakan monev PPID Pembantu yang berada di SOPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Kegiatan monev PPID diselenggarakan di Ruang Rahan Pumpung Kapakat Bappeda Kota Palangka Raya, Kamis (27/6/2019).

Berdasarkan Permendagri No. 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pasal 14 menyebutkan bahwa PPID Pembantu bertugas :

Pertama,  membantu PPID Utama melaksanakan tanggungjawab,tugas dan kewenangannya.

Kedua,  menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada PPID Utama dilakukan paling sedikit 6 (enam)  bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Ketiga, melaksanakam kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Keempat, menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan prima.

Kelima,  mengumpulkan, mengolah dan mengkompilasi bahan dan data lingkup komponem di pemerintah daerah masing-masing menjadi bahan informasi publik.

Keenam, menyampaikan laporan pelaksanaan kebijakan teknis dan pelayanan informasi dan dokumentasi kepada PPID Utama secara berkala dan sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan kegiatan monev ini seperti yang disampaikan Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Diskominfo, Martiana Winarsih adalah untuk melakukan pemantauan dan evaluasi PPID Pembantu dalam menyediakan informasi publik yang wajib di publikasikan.

Selain itu juga untuk memberikan supervisi kepada PPID Pembantu lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya yang terkendala dalam mempublikasikan informasi publik yang wajib disediakan dan diupload di website PPID agar masyarakat atau pemohon informasi dapat mengakses langsung layanana informasi melalui website ppid.palangkaraya.go.id, jelasnya. (MC Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*