INFO

Motret Yuk Motret, untuk Jurnalistik Media Center

MEDIA CENTER, Surakarta – Untuk meningkatkan kemampuan teknis pengelola media center daerah khusus pembuatan konten foto, maka Direktorat Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik (Dijen IKP) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI mengadakan Bimbingan Teknis “Motret Yuk Motret” dengan tema mengenal lebih dekat foto jurnalistik yang diselenggarakan di Hotel The Royal Heritage kota Surakrta Jawa Tengah, dan berlangsung selama tiga hari, 24-26/4/2019.

Dalam kesempatan tersebut Nurlaili kepala subdit media online selaku ketua panitia bimtek, Rabu (24/4/2019) menyampaikan, bahwa dari 251 media center di Indonesia, yang berkontribusi untuk berita foto di portal Info Publik tidak sampai 100 media center namun kesempatan ini yang kami undang 66 media center yang aktif mengirim berita foto selama tahun 2019.

Kami berkeinginan kata Nurlaili kemampuan sumber daya manusia (SDM) pegawai Kominfo khususnya yang mengelola media center terus ditingkatkan, oleh sebab itu jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menggali ilmu dari pakar fotografer yang handal sebagai nara sumber.

Seperti Imam Hartoyo Penggiat Fotografi/ Dosen Akademis Televisi yang menyampaikan materi teknik dan sertifikasi kompetensi fotografi, Widodo S. Yusuf Redaktur Foto dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara menyampaikan materi Memotret cantik dengan handphone, dan Demitrius Wisnu Widiantoro Wartawan Foto Harian Kompas yang juga menyampaikan materi memotret dan menulis caption yang baik.

Selanjutnya Nurlaili mengatakan bahwa kenapa dipilihnya kota Surakarta tempat pelaksanaan bimtek ini, karena banyaknya sejarah di Solo Raya khususnya kota Surakarta, yakni mengingat sudah 100 tahun berdirinya monumen pers nasional di Surakarta ini, dari sinilah banyak lahirnya sejumlah jurnalis dan tokoh pers yang handal.

Nurlaili juga menyampaikan tujuan bimtek pembuatan konten berita foto ini adalah untuk meningkatkan kemampuan teknis pewarta foto media center, juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam hal pembuatan konten foto dan keterangan foto (caption).

Selanjutnya para peserta diharapkan meningkatkan kemampuan dan pemahamannya tentang perangkat pendukung foto jurnalistik yang baik dan benar, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita foto dari Media Center daerah untuk InfoPublik.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Direktur Pengelola Media Siti Meiningsih dan hadir pula Kepala Monumen Pers Nasional Solo Widido Hastjaryo. (MC. Isen Mulang/ykris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*