INFO

Murung Raya Pertahankan Gelar Juara 1 Lomba Jukung (Perahu) Hias

MEDIA CENTER, Kuala Kapuas- Kabupaten Murung Raya pertahankan gelar juara 1 Lomba Jukung Hias, Jukung dalam bahasa daerah yakni Perahu, setelah tahun sebelumnya juga menjuarai lomba yang sama.

Panasnya terik matahari tidak menyurutkan antusiasme ribuan masyarakat yang memadati pelabuhan Danau Mare, jalan Jend. Sudirman Kabupaten Kapuas tempat berlangsungnya salah satu ajang lomba jukung hias, Sabtu (05/05/2018)

Lomba jukung hias merupakan ajang bergensi yang ditunggu- tunggu dalam gelaran tahunan Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2018 selama 5 hari dari tanggal 2 – 6 Mei 2018

Lambak, salah satu dewan juri menjelaskan bahwa kriteria dalam penilaian meliputi 80 % perahu dalam kondisi dihias dan 20 % penampilan pendukung peserta yang ada diatas perahu.

Peserta dalam lomba ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu Kategori untuk Kabupaten/ Kota dan juga Kategori umum/ Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)

Melihat penampilan dari seluruh peserta Kabupaten Murung Raya mendapat juara 1 dengan nilai 1140, diikuti juara 2 Kota Palangka Raya dengan nilai 1090 dan Juara 3 Kabupaten Katingan dengan nilai 1008.

Kepada para juara 1 akan mendapatkan Tropi, Uang Pembinaan sebesar Rp.7 Juta dan Piagam Penghargaan, Juara 2 Tropi, uang pembinaan Rp.5 juta, Piagam Penghargaan, dan Juara 3 Tropi, uang pembinaan Rp.3 juta, Piagam Penghargaan.

Dahulu kala perahu merupakan satu-satunya alat transportasi yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah mengingat keadaan geografis yang banyak memiliki daerah aliran sungai (DAS), namun seiring perkembangan jaman transportasi ini semakin ditinggalkan karena terhubungnya jalur trasportasi darat.

secara simbolis Piala diserahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan kepada para juara (MC. Isen Mulang/engga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*