INFO
Museum Balanga Sarana Pendidikan Dalam Mengenalkan Sejarah.

Museum Balanga Sarana Pendidikan Dalam Mengenalkan Sejarah.

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Museum Balanga sudah berdiri sejak 1973, nama Balanga diambil nama koleksi guci unggulan museum, didalam museum banyak ditampilkan senjata khas Kalimantan. Beragam jenis senjata tradisional seperti duhung , mandau sumpit, rabayang dan tombak. Senjata-senjata ini digunakan untuk keperluan upacara, bercocok tanam, berburu dan membela diri. Museum Balanga ini dibawah koordinasi Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, sejak itulah Museum Balanga berstatus unit Pelaksanan Teknis (UPT) Museum Balanga Kalimantan Tengah.
 
Museum selain menyimpan benda bersejarah juga untuk memperkenalkan sejarah orang Dayak juga sebagai pembelajaran pendidikan bagi siswa pelajar sekolah yang belajar sejarah dengan mengunjungi Museum Balanga, Jalan Tjilik Riwut, Rabu (11/4/2019). 
 
Haryanto, pengurus Museum saat ditemui kru media center mengatakan museum merupakan tempat menyimpan benda-benda bersejarah juga sebagai sarana pendidikan.
 
Menurutnya, banyak sekali pengunjung baik dari instansi maupun dari sekolah-sekolah, dan saat ini kami sedang mendapat kunjungan dari siswa siswi SMP Santa Maria kelas VIII B dan VIII C yang berjumlah 40 orang untuk melakukan studi lapangan mata pelajaran Seni Budaya dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan museum menjadi salah satu objek pembelajaran mereka . 
 
Marinta Sitepu, guru yang ikut mendampingi siswa mengatakan bahwa selain untuk mengenal ragam budaya Kalimantan Tengah, juga diharapkan mengenal sejarah Pahlawan Nasional dan mendapatkan informasi tentang pahlawan nasional asal Kalimantan Tengah, yaitu Tjilik Riwut, tutupnya 
 (MC Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*