INFO
Musrembang RKPD 2020 Program Hulu – Hilir Harus Tersentuh

Musrembang RKPD 2020 Program Hulu – Hilir Harus Tersentuh

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, jika program-program yang disusun pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), harus dapat  kebutuhan pembangunan dari hulu ke hilir.

“Hendaknya program yang disusun dalam RKPD harus merata. Artinya jangan hanya pembangunan di hilir, namun juga pembangunan dapat menyentuh ke hulu,”ungkapnya, usai membuka musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kota Palangka Raya  tahun 2020, Selasa (2/4/2019), di gedung Palampang Tarung Palangka Raya.

Kata Fairid, dalam penyusunan program musrenbang RKPD daerah, tentu tidak akan lepas dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Namun begitu azas pemerataan program pembangunan menjadi landasan dalam penyusunan  setiap program prioritas musrenbang melalui RKPD.

“Maka itu semua jajaran OPD terkait dapat menyatukan pikiran dan langkah-langlah dalam merencanakan program pembangunan untuk tahun 2020. Tanpa ada perencanaan maka tidak ada jaminan tujuan cita-cita Kota Palangka Raya dapat tercapai,” ingatnya.

Disebutkan Fairid, setidaknya ada 108 program strategis yang diajukan dalam musrenbang di lingkup pemerintah Kota Palangka Raya. Dari usulan program sebanyak itu kata dia, maka  paling tidak ada 60 program strategis dapat terealisasi untuk dijalankan sebagai program OPD.

“Intinya pada musrenbang RKPD ini, semua OPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya bisa menyatukan program-program prioritas ke dalam dokumen RKPD yang benar-benar strategis, dengan tetap memperhatikan pemerataan pembangunan,” ujarnya.

Perlu diingat tambah Fairid, setiap perencanaan pembangunan maka jangan sampai lepas dari transparansi, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, bertahap, terpadu dan berkelanjutan. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*