INFO

Nampung-Budi Santoso Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penyerahan tambahan dokumen dukungan dari bakal calon walikota dan calon wakil walikota Palangka Raya dari jalur perseorangan atau independen telah berakhir atau ditutup 24.00 WIB, Sabtu (20/1/2018).

Ada empat bakal calon perseorangan yang diberikan kesempatan untuk menyerahkan tambahan dokumen dukungan ke KPU Kota Palangka Raya yakni pasangan Yuliustry-Fathul Munir, Dagut-Fitriadi Yusuf, Rizky Mahendra Nihin-Daryana, dan Nampung-Budi Santoso.

Dari ke-4 bakal calon perseorangan tersebut yang menyerahkan tambahan dokumen dukungan paling terakhir adalah pasangan Nampung-Budi Santoso. Keduanya datang ke kantor KPU Palangka Raya bersama timnya sekitar pukul 22.20 WIB.

Malam itu Nampung-Budi Santoso membawa sekitar 7 ribu lebih foto copy KTP, sedangkan sesuai ketentuan harus membawa 17.754 dukungan. Karena jumlah dokumen dukungan yang dibawa kurang, maka pencalonan Nampung-Budi Santoso dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU.

Anggota KPU Kota Palangka Raya, Qismatul Khairiyah menjelaskan saat verifikasi faktual tahap I bakal calon pasangan Nampung-Budi Santoso hanya mampu mengumpulkan 10.823 dukungan, sehingga masih kekurangan 8.877 dukungan.

Namun kekurangan 8.877 dukungan ini sesuai aturan harus dikali dua atau sebanyak 17.754 dukungan. Jika ditahap ke-II yang bersangkutan tidak mampu menyerahkan dukungan sebanyak itu maka pencalonannya dianggap gugur.

Meski statusnya dinyatakan TMS, namun KPU masih memberikan kesempatan kepada bakal calon pasangan Nampung-Budi Santoso untuk melakukan upaya keberatan yang disampaikan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya.

“Jika Panwaslu memerintahkan KPU untuk memperpanjang waktu perbaikan berkas dukungan, maka KPU akan melaksanakannya, tapi jika Panwaslu tidak memberikan waktu, maka berkas Nampung-Budi Santoso dinyatakan TMS,” ujarnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*