INFO
Netralitas ASN Dalam Pemilu Harus Tetap Terjaga

Netralitas ASN Dalam Pemilu Harus Tetap Terjaga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra mengharapkan netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 harus tetap terjaga.

Terlebih Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur negara telah mewajibkan setiap ASN harus memenuhi kode etik dimana salah satunya dilarang melakukan perbuatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap salah satu calon atau mengindikasikan terlibat politik praktis, atau berafiliasi dengan partai politik.

“Dalam pemilu 2019 tentu kita harapkan minim pelanggaran dilakukan ASN. Sebab belajar dari pilkada yang lalu dimana ada oknum ASN Palangka Raya yang kedapatan melakukan pelanggaran,”ungkap Beta, Selasa (20/11/2018).

Pihak terkait lanjut dia, perlu terus melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan larangan ASN terlibat dalam kegiatan pemilu.

“Bawaslu Kalteng juga menjelaskan jika ASN dilarang mengunggah, menanggapi (like atau komentar) di status media dan foto bersama calon legislatif atau peserta pemilu. Nah, ini perlu disosialisasikan,” jelasnya.

Beta pun yakin jika pada pemilu akan datang mentalitas dan netralitas ASN di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya mampu terjaga.

“Negara tidak mau mengambil resiko terhadap potensi pelanggaran, dan kita dukung itu. Pemerintah membutuhkan penyelenggaraan pemilu yang profesional dan objektif,” tandasnya.

Pun demikian, semua itu kata Beta, harus diimbangi dengan sosialisasi dan penyebarluasan informasi yang baik.

“Kita yakin jika ASN akan mematuhi segala aturan yang berlaku. Sebab itu keharusan yang wajib diikuti,”ujarnya.

Seluruh pihak dan elemen pemerintahan Kota Palangka Raya tambah Beta, harus bersama-sama membangun kesadaran terhadap pentingnya menjaga netralitas dalam pemilu.

“Ini demi menjaga keamanan serta menjaga diri ASN dari segala bentuk pelanggaran,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*