INFO
New Normal, Ekonomi dan Kesehatan Harus Seimbang

New Normal, Ekonomi dan Kesehatan Harus Seimbang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, untuk menuju tatanan kehidupan baru atau new normal, maka harus ada keseimbangan antara berjalannya ekonomi dan kesehatan.

“Sekarang sudah ada instruksi Presiden, dimana setiap daerah diminta bertahap menjalankan maupun menuju tatanan kehidupan baru atau new normal,”ungkapnya, Senin (13/7/2020).

Terpenting harus diperhatikan oleh setiap daerah lanjut Fairid, yaitu keseimbangan antara perekonomian dan kesehatan. Terutama di tengah berjalannya aktivitas kehidupan masyarakat.

“Ilustrasinya seperti rem dan gas. Jadi harus seia sekata berjalan. Jangan ekonomi diprioritaskan, kesehatan terabaikan. Begitupun sebaliknya,”ujarnya.

Selain itu sambung Fairid, untuk menuju new normal maka seluruh pemerintah daerah diminta untuk berhati-hati mengambil keputusan dan langkah ketika memutuskan masuk ke dalam pelaksanaan new normal di situasi pandemi.

Sebab itu, salah satu langkah awal yang harus dilakukan setiap daerah yakni, mengedepankan aspek epidemiologi tentang kondisi pandemi. Sebut saja RO atau potensi penularan pandemi Covid-19 menjadi acuan untuk memutus langkah tepat atau tidaknya menuju new normal.

Disamping itu, pemerintah daerah diminta harus banyak berkonsultasi dengan pakar epidemiologi untuk menuju new normal . Salah satunya melihat tingkat Rt yakni angka reproduksi dari hasil pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah dilakukan.

“Nah, ketika Rt Kota Palangka Raya sudah berada di bawah 1 dan stabil selama dua minggu atau 14 masa inkubasi, maka secara perlahan upaya menuju new normal bisa dilakukan. Saat ini Palangka Raya masih belum mencapai standar Rt tersebut,”tutup Fairid. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*