INFO

Ngejam Bersama Sanggar Marajaki di Galery Rumah Tjilik Riwut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kiprah Sanggar Marajaki untuk terus melestarikan kesenian daerah tidak diragukan lagi. Sanggar besutan Benny Tundan ini tidak hanya tampil di acara-acara besar saja.
Namun sanggar yang bermarkas di Jalan G Obos ini juga bisa tampil di berbagai momen. Salah satunya mengadakan acara ngejam di Galery Rumah Tjilik Riwut di Jalan Sudirman, Palangka Raya, Sabtu (15/7/2017).

Ngejam malam Minggu ini digelar sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palangka Raya dan Pemerintah Kota Palangka Raya. Meski cuaca mendung disetai gerimis, tapi tidak menyurutkan tim Sanggar Marajaki yang dibantu  Mutan Borneo untuk menampilkan pertunjukan yang apik kepada pengunjung.

Mengawali acara, Sanggar Marajaki menampilkan tarian kasanang atei atau bersenang hati. Tarian khas Dayak Kalimantan Tengah ini menceritakan tentang anak-anak yang sedang bermain menggunakan mainan tradisional.

Diambilnya tema mainan tradisional ini dikarenakan saat ini mainan tradisional mulai pudar atau sudah tidak digemari lagi. Sebab saat ini anak-anak lebih suka main menggunakan alat modern seiring kemajuan zaman, misalnya menggunakan getget.

Melalui pertunjukan inilah Sanggar Marajaki ingin menggairahkan kembali permainan tradisional agar digemari oleh anak-anak Dayak.

Sementara itu perwakilan Galery Rumah Tjilik Riwut, Ida Riwut mengucapkan terima kasih kepada Sanggar Marajaki yang telah menggelar acara ngejam dan diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara kontinyu. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*