INFO

Objek Wisata Harus Miliki Standar Keselamatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, maka setiap pengelola objek wisata harus melengkapi sarana dan prasarana (sarpras) dengan standar keamanan dan keselamatan.

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Mukarramah mengatakan, pentingnya ketersediaan standar keamanan dan keselamatan di obyek wisata harus mendapat perhatikan setiap pengelolanya.

Terlebih bagi pengelola tempat wisata yang menyajikan sarpas bersifat atraksi wisata yang beresiko. Seperti wisata air susur sungai dan wisata menggunakan perahu.

“Standar keamanan atau SOP harus benar-benar mampu menjaga keselamatan keamanan serta kenyamanan pengunjung yang datang berlibur,” katanya, Minggu (19/5/2019).

Selain standar keamanan, maka tak kalah penting yang perlu diperhatikan oleh pengelola wisata adalah menyangkut kondisi cuaca. Sebut saja jika cuaca tidak mendukung, maka sebaiknya pengelola wisata menutup atau menghentikan sementara kegiatan wisata yang beresiko.

“Faktor cuaca yang tak menentu, tentu akan berpengaruh, terutama wisata susur sungai. Hal ini patut juga menjadi perhatian adalah ketersediaan alat keselamatan bagi pengunjung,”jelas Mukarramah.

Selain hal-hal itu, politikus ini mendorong agar pengelola wisata selalu mengingatkan para wisatawan atau pengunjung untuk peka dengan perubahan cuaca. Dimana, setidaknya setiap pengunjung mampu bertindak untuk tetap bisa saling menjaga keselamatan satu dan yang lainnya.

Selebihnya ia juga mengingatkan para pengelola wisata agar menjelang atau memasuki libur lebaran tahun ini menyiapkan hal-hal penting terkait sarpras standar keselamatan.

“Libur lebaran pasti ada lonjakan pengunjung di sejumlah lokasi wisata di Palangka Raya. Oleh sebab itu kewaspadaan mencegah kecelakaan harus ditingkatkan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*