INFO

Obyek Wisata Sei Batu Mulai Diminati Para Wisatawan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Para wisatawan lokal tidak mau melewatkan  waktunya untuk berlibur bersama keluarga pada libur Hari Raya Waisak 2561 kamis (11/5-2017) untuk berkunjung ke obyek wisata “Sei Batu” di desa wisata Sei Gohong yang dapat ditempuh dengan waktu perjalanan darat menggunakan mobil/ motor sekirtar 45 menit dari pusat Kota Palangka Raya.

Sesampai di desa wisata Sei Gohong maka kita akan merasakan suasana pedesaan yang masih sangat kental dan menyenangkan, pemandangan perkebunaan masyarakat lokal yang ditanami dipekarangan rumah-rumah penduduk, seperti terong, kacang panjang, singkong, bawang lemba dan tanaman naga.

Obyek wisata Sei Batu merupakan anak sungai yang masih asri dikelilingi bebatuan alami dan pepohonan yang rindang, yang merupakan sungai dengan jeram dan riak-riak air sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata water tubing, yakni wahana wisata menyusuri aliran sungai  yang tidak terlalu dalam dan juga tidak terlalu lebar, menggunakan ban dalam mobil sebagai pelampung, sangat banyak diminati para wisatawan yang didominasi kaum muda maupun keluarga.

Jika anda ingin merasakan air sungai yang cukup dingin menyegarkan maka di desa wisata Sei Gohong terdapat Sungai Batu yang mengalir indah, bersih, jernih dengan bebatuan disepanjang tepian sungai yang membetuk panorama alam yang menyejukan. Air nya yang berwarna coklat kehitaman seperti air teh yang dipercaya masyarakat setempat memiliki khasiat yang mujarab bisa menyembuhkan penyakit dihasilkan dari berbagai akar-akaran kayu dari bumi Tambun Bungai.

Kawasan obyek wisata Sei Batu akhir-akhir ini sangat pesat perkembangannya, sangat banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan nusantara bahkan ada juga wisatawan manca negara. Pada waktu libur tahun baru kemarin pengunjung mencapai 4000 orang, kata tukang parkir yang menjaga parkiran.

Warung-warung berjualan makanan dan gazebo-gazebo milik masyarakat bermunculan, yang awalnya hanya ada 3-4 buah warung makanan atau tempat kuliner milik masyarakat, sekarang sudah lebih kurang 15 buah dibangun dipinggiran aliran sungai, dan gazebo yang awalnya hanya ada 2 buah dibangun oleh Disbudpar sekarang sudah ada gazebo tempat beristirahat milik masyarakat yang disewakan di kawasan tersebut.

Selain warung makanan, masyarakat juga banyak menyewakan ban mobil bekas yang dicat warna warni untuk pelampung alat bantu berenang, dan ada juga yang berjualan pakaian renang disekitar kawasan.

Sungguh dengan berkembangnya obyek wisata alam Sei Batu ini sangat membantu masyarakat di destinasi wisata Sei Gohong untuk membuka lapangan usaha baru  yang memanfaatkan kehadiran para tamu atau wisatawan yang berkunjung menikmati wisata alam pedesaan.

Yuli misalnya pekerjaan sehari-harinya sebagai pegawai aparatur sipil negara di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Palangka Raya, jika hari libur sabtu dan minggu dan hari libur lainnya, dia berjualan minuman dan gorengan dikawasan obyek wisata Sei Batu, dan Yuli mendapat bantuan tenda kuliner dan gerobak dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya.

Masyarakat disekitar destinasi sangat menyambut baik dengan dikembangkannya obyek wisata Sei Batu oleh Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan masyarakat rela menghibahkan lahan mereka untuk dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai obyek wisata, dan pada tahun 2017 ini kawasan tersebut akan mendapat dana pengembangan dari APBN melalui Kementrian Pariwisata RI. (MC. Isen Mulang/Y.Kris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*