INFO
OJK: UMKM Serap 90 Persen Tenaga Kerja

OJK: UMKM Serap 90 Persen Tenaga Kerja

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tahun ini pemerintah mengalokasikan dana ratusan triliun untuk membantu permodalan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, Wuryanto mengatakan angka kredit UMKM per Oktober 2018 sudah mencapai Rp10,4 triliun atau 24 persen.

“Besarnya perhatian pemerintah kepada UMKM ini karena keberadaan mereka mampu mendorong pertumbuhan perekonomian nasional,” tutur Wuryanto diacara temu 1.000 UMKM di Kota Palangka Raya, Sabtu (17/11/2018).

Sementara itu Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Kalimantan, Heriyanto mengatakan saat ini ada tren peningkatan pemahaman sektor keuangan dari pelaku UMKM.

Saat ini para UMKM sudah banyak yang memanfaatkan jasa kredit perbankan. “Sedangkan untuk Kalteng tingkat literasi keuangan 26,18 persen dan tingkat inklusif 60 persen atau di bawah rata-rata nasional,” tuturnya.

Dia mengatakan dengan survei ini sehingga memacu OJK untuk meningkatkan berbagai kegiatan berkelanjutan sehingga pemanfaatan percepatan keuangan bisa dimanfaatkan bagi pelaku usaha yang berimplikasi pada penyerapan tenaga kerja. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*