INFO
Ombudsman Adakan Dialog Interaktif tentang Pelayanan Publik

Ombudsman Adakan Dialog Interaktif tentang Pelayanan Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah mengadakan Dialog Interaktif langsung terhubung dengan RRI Palangka Raya dan dilaksanakan di halaman kantor Ombudsman Jl. Haji Ikap No. 30 Palangka Raya, Sabtu (26/10/2019).

Dialog interaktif yang merupakan Diskusi Publik yang bertemakan “Akuntabilitas Pelayanan Publik Berbasis E- Government (Penggunaan Aplikasi LAPOR! pada Pemerintah Kota Palangka Raya)”.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka “Pekan Pelayanan Publik Tanpa Maladministrasi” Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Tengah, Thoeseng TT Asang, langsung memandu diskusi publik tersebut.

Diskusi Pelayanan Publik di Kota Palangka Raya ini menghadirkan tiga narasumber yakni Anna Menur Sekretaris Dinas Kominfo Statistik dan Persandian sekaligus pengelola LAPOR! mewakili dari Pemerintah Kota Palangka Raya, Jhon Apriadi Retei dari Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya dan Ninik Rahayu anggota Ombudsman RI.

Anna Menur menyampaikan bahwa sejak 1 November 2018 Pemerintah Kota Palangka Raya telah membuka layanan pengaduan melalui Aplikasi LAPOR! yakni Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sejak 1 Januari sd. 25 Oktober 2019 sudah menerima laporan masyarakat sejumlah 496 laporan.

Laporan tersebut terdiri dari pengaduan 387, permintaan informasi 61, aspirasi 12 dan 36 tanpa mencantumkan klasifikasi. Dari sejumlah laporan tersebut ada 5 belum ditindak lanjuti, 12 diarsipkan 10 sedang proses dan 439 sudah selesai.

Aplikasi LAPOR! ini sudah disosialisasikan di 5 Kecamatan, 30 Kelurahan, pada  kegiatan Palangka Raya Fair, kegiatan car free day dan sosialisasi insidentil. Sosialisasi dilakukan melalui tatap muka langsung, melalui spanduk, baliho, website, infografis, media sosial dan pojok lapor di koran harian Kaltengpos.

Ayo untuk warga Kota Palangka Raya kata Anna jangan segan-segan menyampaikan permintaan informasi, pengaduan ataupun menyampaikan aspirasi anda melalui Aplikasi LAPOR! kirim SMS dengan format PALANGKARAYA spasi isi Laporan kirim ke 1708 atau melalui website www.lapor.go.id semua ini demi kemajuan dan perbaikan pelayan publik di Kota Palangka Raya, tutupnya dan dilanjutkan dengan dialog interaktif. (MC. Isen Mulang/Ykris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*