INFO
OPD Diminta Teliti Susun Perencanaan Program

OPD Diminta Teliti Susun Perencanaan Program

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi C DPRD Palangka Raya kembali menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan seluruh mitra kerjanya yang dilaksanakan diruang komisi gedung dewan setempat, melalui sistem Video Conference (Vidcon).

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra mengatakan, rangkaian kegiatan RDP bersama para mitra kerjanya tersebut, dilakukan selama dua hari, yakni dari tanggal 6 sampai 7 Juli 2020, dimana semuanya digelar melalui aplikasi virtual untuk membahas terkait pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019.

Disampaikannya, untuk RDP yang digelar pada 6 Juli lalu, dilakukan pihaknya bersama Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pengendalian Penduduk.

“Untuk hari ini kami lakukan bersama Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan serta BPBD,”ungkapnya Selasa (7/7/2020).

Adapun yang menjadi dasar pembahasan dalam RDP tersebut lanjut Beta, yakni terkait dengan realisasi serapan anggaran pada APBD tahun 2019, serta kendala-kendala yang ditemui dinas maupun badan selama menjalankan program kegiatan pemerintah.

Intinya kata dia, pembahasan tidak lepas dengan laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK RI perwakilan Kalteng untuk tahun anggaran 2019 yang telah disampaikan beberapa waktu yang lalu.

“Iya, kami ingin melihat sejauh mana realisasi dari pelaksanaan anggaran serta sejumlah hal yang belum maksimal pencapaian dalam pelaksanaan anggaran.,”sebutnya.

“Bila ada kekurangan, maka setidaknya OPD mitra kerja harus lebih teliti menyusun perencanaan programnya,”tambah Beta.

Adapun dalam rapat itu, hal-hal yang terkait dengan sisi anggaran pada sejumah program dibahas. Seperti Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun (SILPA), yakni selisih antara surplus/defisit anggaran dengan pembiayaan netto, serta pembahasan program lainnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*