INFO
Optimalisasi Taman Sains Teknologi Kota Palangka Raya

Optimalisasi Taman Sains Teknologi Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Focus Group Discussion, Kajian Grand Design Pengelolaan Taman sains dan Teknologi di Aula Taman Teknologi Pertanian (TTP) Banturung Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya, Selasa (24/9/2019).

Dr. Uras Tantulo, M.Sc dari Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Palangka Raya dalam paparannya menyampaikan bahwa pengembangan Taman Sains Teknologi (science technology park) merupakan langkah strategis bangsa dalam mendorong hilirisasi hasil riset dan teknologi untuk dapat dimanfaatkan sepenuhnya dalam proses industrialisasi”.

Produk dari Taman Sains Teknologi harus berdasarkan pada potensi dan keunggulan daerah, komitmen jangka panjang pemerintah daerah, pemerintah daerah juga berperan dalam penyediaan lahan, sharing pendanaan dalam pembangunan Taman Sains Teknologi, Program pembangunan dan pengembangan taman sains teknologi harus diintegrasikan dalam program pembangunan, tuturnya Uras Tantulo.

Ditempat yang sama Dr. Afentina, S.Hut, M.Sc juga sampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi TTP Banturung adalah terbatasnya dana operasional, banyaknya peralatan yang tidak dapat digunakan karena tidak sesuai dengan kapasitas energi dan produksi, belum dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan teknologi, dan masih terbatasnya jenis kegiatan yang dilakukan di Agrotekno Banturung”.

Lanjutnya, adanya optimalisasi TTP Banturung dalam hal penguatan kelembagaan, perluasan fungsi atau areal jangkauan, peningkatan kerjasama antar pihak, pengembangan didasarkan pada potensi karakter sosial budaya dan yang terakhir inovasi yang didasarkan kebutuhan, tutupnya. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*