INFO
Optimalkan Kampung KB

Optimalkan Kampung KB

MEDIA CENTER, Palangka Raya – DPRD Kota Palangka Raya, menyambut baik penguatan program Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kota Palangka Raya, yakni program “Kampung KB” atau kampung keluarga berencana.

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah menyatakan, jika pihaknya mengapresiasi sejumlah progam pemerintah, yang salah satunya bertujuan melaksanakan pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami dukung program kampung KB ini. Namun tak bisa dipungkiri jika kerjasama lintas elemen sangat diperlukan agar program ini bisa lebih dioptimalkan,” kata Mukarramah, Minggu (28/4/2019).

Namun demikian menurut program itu hendaknya tak hanya terbatas dalam menangani permasalahan dan upaya pengendalian penduduk semata.Tetapi pembangunan lintas sektor harus diperhatikan.

“Inilah mengapa dukungan satu sama lain dalam mengisi berbagai kegiatan di Kampung KB ini sangat diperlukan,” sambungnya menekankan.

Dikatakan, Kampung KB memiliki tujuan sebagai kampung masyarakat yang sehat dan memiliki produktivitas. Program seperti ini tidak bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bila tidak ditunjang program lain seperti dari dinas kesehatan, dinas pendidikan, dan dinas lainnya. “Jadi harus terintegrasi dalam mendukung program ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P2KBP3A Kota Palangka Raya, Eddy Sunarto mengatakan, jika saat ini telah dicanangkan sejumlah Kampung KB dikelurahan-kelurahan Kota Palangka Raya.

“Selain pelayanan KB gratis, tim pelayanan KB keliling, juga melakukan penyuluhan untuk warga di sekitarnya. Diharapkan Metode KB Jangka Panjang (MKJP) ditahun ini dapat terlaksana,” tandas Edy. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*