INFO
Optimalkan Pengawasan Ilegal Fishing

Optimalkan Pengawasan Ilegal Fishing

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Perikanan akan terus mengoptimalkan pengawasan ilegal fishing diperairan sungai dan danau yang ada diwilayah Kota Palangka Raya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Jubaedah, mengungkapkan pengawasan terhadap tata cara menangkap ikan penting dilakukan mengingat tidak sedikit cara ilegal fishing tersebut kerap dilakukan hingga merusak populasi dan lingkungan sekitar sungai.

Karenanya kata dia, regulasi untuk pengawasan perikanan di Kota Palangka Raya yaitu undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang perikanan daerah diperlukan. Terutama yang berkaitan dengan undang undang yang memuat ancaman berupa sanksi.

“Melalui regulasi undang undang tersebut dapat memberikan ancaman. Seperti denda maksimal Rp2,5 miliar dan 6 tahun penjara bagi mereka yang menangkap ikan secara illegal,” sebutnya, Selasa (20/8/2019).

Menurut Jubaedah, melalui regulasi tersebut nantinya pengawasan akan lebih optimal.”Apalagi Palangka Raya memiliki sekitar 103 danau dan juga tiga sungai besar yang memiliki potensi perikanan besar,maka memerlukan landasan hukum kuat,” tegasnya lagi.

Tambah Jubaedah untuk melakukan pengawasan dan penyelidikan sektor perikanan, memang diperlukan juga peran serta berbagai sektor. Mulai dari kejaksaan, kepolisian dan leading sektor terkait.

“Harus kita akui, dalam optimalisasi pengawasan ini tidak bisa lepas dari adanya anggaran penerapan dilapangan. Belum lagi hal yang berkaitan dengan lidik hukum ataupun sarana prasarana yang diperlukan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*