TERKINI
Optimis, Pandemi Tak Pengaruhi Ternak Hewan Potong

Optimis, Pandemi Tak Pengaruhi Ternak Hewan Potong

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada bulan Juli mendatang umat muslim akan kembali bersiap menyambut pelaksanaan hari raya Idul Adha. Di mana setiap pelaksanaan hari besar umat Islam ini akan diwarnai dengan penyembelihan hewan kurban.

Muncul kekhawatiran, apakah di masa pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terus merebak akan berpengaruh terhadap ketersediaan hewan kurban.

Menurut anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Heri Purwanto, semestinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara ketersediaan hewan kurban, baik sebelum pandemi ataupun pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Ia mencontohkan para peternak sapi atau kambing potong yang ada di Kelurahan Kalampangan, di mana hingga kini masih beraktivitas seperti biasa dalam merawat ternaknya.

“Pandemi Covid-19 tidak berpengaruh terhadap aktivitas para peternak di Kalampangan, sehingga kita yakin ketersediaan hewan potong tetap bisa memenuhi kebutuhan saat hari raya kurban di Kota Palangka Raya,”ungkapnya, Selasa (16/6/2020).

Terlepas dari itu, ada baiknya menurut Heri, instansi terkait dapat melakukan inspeksi kesehatan dan kelayakan hewan kurban. Terlebih di Kalampangan sudah ada Rumah Potong Hewan (RPH), sehingga pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan lebih intens.

“Paling tidak peternak Kalampangan bisa menyediakan hewan kurban yang sesuai dengan standar yang diberlakukan, serta memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar legislator Partai Hanura ini.

Lebih jauh Heri yang juga merupakan warga Kelurahan Kalampangan ini berharap, pada saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban nantinya, bisa ditetapkan aturan terkait proses kurban di tengah pandemi.

Sebut saja, mulai dari persiapan proses penjualan hewan ternak, proses pengantaran oleh peternak kepada pelanggan, hingga pemotongan dan penyebaran daging kurban yang mengacu pada ketentuan protokol kesehatan. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*