TERKINI
Orang Tua Berperan Penting Dalam Mencegah Stunting Pada Anak

Orang Tua Berperan Penting Dalam Mencegah Stunting Pada Anak

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin yang diwakili oleh tenga ahli PKK Ny. Melhanah menyebutkan dalam pencegahan stunting, keluarga terutama orang tua lah yang mempunyai peran sangat penting didalamnya.

Hal tersebut disampaikan Ny. Melhanah dalam sambutannya di acara sosialisasi pencegahan dan penurunan angka stunting yang di gelar di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya orang tua lah yang sangat memahami kebutuhan si kecil, mulai dari kecukupan nutrisi, pola asuh, hingga gaya hidup si anak.

“Peran orangtua, terutama ibu, memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah stunting pada anak semisal dengan memberikan makanan dengan asupan gizi yang seimbang mengajarkan anak itu sendiri tentang pola hidup sehat”, kata Melhanah.

Selain itu, dirinya menyebutkan bahwa menjaga kebersihan lingkungan juga perlu dilakukan oleh orang tua.

Misalnya, anak sedini mungkin diajari membuang sampah pada tempatnya, rutin menggosok gigi, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Kebiasaan bersih ini dilakukan sejalan antara anak dan orang tua sehingga dapat dilakukan dengan konsisten. MC. Isen Mulang/Nitra/wspd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*