TERKINI
Orangtua Harus Aktif Imunisasi Anak

Orangtua Harus Aktif Imunisasi Anak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah pusat kembali memperpanjang program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 hingga 13 September 2022 mendatang.

Terkait diperpanjangnya program pemerintah secara nasional tersebut, maka Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, kembali mengajak masyarakat, khususnya para orangtua untuk aktif mengantarkan anaknya ikut imunisasi.

“Para orangtua bisa mengajak anak-anaknya ke Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat guna mengikuti BIAN tersebut,” katanya, Jumat (19/8/2022).

Andjar mengatakan, adanya program imunisasi pada anak tersebut bertujuan memberikan perlindungan maksimal kepada anak – anak, agar tidak mudah terserang penyakit. Seperti penyakit campak dan rubela.

Penyakit campak itu sendiri apabila dibiarkan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, diare bahkan gizi buruk yang menyebabkan stunting.

Sedangkan penyakit rubela apabila dibiarkan bisa menyebabkan kelainan jantung, kelainan mata, gangguan pendengaran dan keterampilan tumbuh kembang yang tentunya juga penyebab stunting.

“Imunisasi ini juga merupakan program fokus dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Jadi, jangan anggap remeh imunisasi, karena dengan imunisasi bisa mencegah terjadinya stunting,” pungkas Andjar. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*