INFO
Orangutan Albino Sudah Bisa Beradaptasi

Orangutan Albino Sudah Bisa Beradaptasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hampir genap sebulan Albino dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia terus menunjukkan proses kemajuan yang baik dari hari ke hari. Berdasarkan pantauan tim PRM (Post-Release Monitoring) kami yang berpengalaman dan diperkuat oleh dokter hewan dari BOSF Nyaru Menteng, Alba terus berusaha beradaptasi untuk hidup seperti layaknya orangutan liar di hutan.

Sejak dilepasliarkan 19 Desember 2018 orangutan albino betina ini menjalani hidup seperti orangutan liar dengan mencari pakan alami, membuat sarang, baik sarang siang maupun sarang malam, aktif bergerak di tajuk hutan dan jarang sekali turun ke tanah, kecuali untuk memetik umbut.

Sejauh ini sama sekali tidak ada intervensi atau bantuan manusia yang ia butuhkan. Jamartin Sihite, CEO BOS Foundation mengatakan saat ini Alba dalam kondisi sehat dan beradaptasi dengan sangat baik.

Kemampuan adaptasi Alba tidak diragukan lagi. Alba hidup liar dengan semestinya seperti yang diharapkan. Ia makan, membuat sarang, bersosialisasi dengan orangutan lain dengan sangat baik.

Selama ini ia telah menjelajahi hutan dengan jarak sekitar 4 kilo meter dari titik dilepasliarkan. “Pemantauan dilakukan sejak matahari terbit sampai terbenam,” ucapnya, Selasa (22/1/2019).

Selama 4 pekan pemantauan, Alba kerap teramati bersama Kika, betina berusia 6 tahun yang dilepasliarkan bersamanya dan Winda, betina lain berusia sekitar 16 tahun yang dilepasliarkan pada 2016.

Fakta bahwa Alba mampu bergaul dengan orangutan yang telah lebih lama dilepasliarkan merupakan indikator positif dan menguntungkan bagi Alba sehingga ia bisa banyak belajar dari Winda.

Alba tidak selalu berkumpul bersama Kika dan Winda, namun Alba tidak pernah tampak berkonflik dengan keduanya. Hal ini menunjukkan Alba memiliki kemampuan berinteraksi yang seimbang dengan keduanya.

BOS Foundation bersama semua pihak pemangku kepentingan terus bekerja untuk memastikan Alba dan orangutan lain yang telah dilepasliarkan di TNBBBR menikmati hidup aman dan bebas dihabitatnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*