INFO
Pacu Semangat Bumi Pancasila Perangi Covid-19

Pacu Semangat Bumi Pancasila Perangi Covid-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Falsafah Pancasila pemaknaannya terdapat dalam Huma Betang yang menjadi filosopi warga Kalimantan Tengah. Secara filosofi, Huma Betang adalah rumah yang tinggi, dan di dalamnya terdapat berbagai macam suku bangsa dan agama, tetapi tetap bisa bekerjasama dan bergotong royong.

Berbicara soal bergotong royong, saat ini dunia sedang diterpa pandemi virus korona. Tak terkecuali, Bumi Pancasila.

Menurut sesepuh Kalteng, Sabran Ahmad, apakah semboyan bumi Pancasila bisa diterapkan dan dapat memacu semangat pencegahan dan penanganan Covid-19 yang terjadi saat ini, jawabannya kata dia, tentu sangat bisa.

“Bumi Pancasila bisa sebagai penyemangat dalam menghadapi kondisi saat ini. karena di dalamnya ada unsur kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta semangat kegotong royongan,”bebernya.

Unsur itulah kata dia, bisa menjadi benteng dan kekuatan semua elemen masyarakat di Kalteng untuk bahu membahu memerangi serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Semangat bumi Pancasila harus bisa digerakkan. Jadi tidak hanya sekedar semboyan akan tetapi digaungkan ketika semuanya tengah menghadapi berbagai dilema atau paradigma kehidupan,”pungkas Sabran. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*