INFO
Pacu Semangat Kembangkan Pertanian Lokal

Pacu Semangat Kembangkan Pertanian Lokal

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Pada 9 Juni lalu Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka meninjau program food estate yang berada di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, tidak lain sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat membangun ketahanan pangan bagi rakyat.

Seiring dengan itu, maka menurut anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, H M Khemal Nasery, program food estate yang dijalankan di Bumi Tambun Bungai ini, harusnya mampu menjadi cambuk bagi pemerintah daerah untuk fokus mengembangkan sektor pangan dan pertanian.

“Iya, pemerintah daerah, baik dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, setidaknya dapat bersemangat mengembangkan sektor pertanian,”ucapnya, Jumat (10/7/2020).

Lebih jauh Khemal mengungkapkan, kesejahteraan para pelaku usaha pertanian bisa meningkat apabila bisa melirik sektor tersebut sebagai potensi pembangunan daerah.

Disisi lain ungkap politikus Partai Golkar ini, dengan kedatangan Presiden Joko Widodo, setidaknya mampu memacu semangat pemerintah daerah. Terutama Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk perlahan-lahan membangun secara bertahap sektor pertanian lokal.

Meskipun disadari kata dia, secara geografis dan karakteristik lahan di Kota Palangka Raya lebih dengan struktur lahan gambut, namun hal itu tak menjadi halangan apabila Pemko melalui instansi terkaitnya benar-benar ingin fokus pada pengembangan sektor pertanian lokal.

“Ini merupakan tantangan, agar bagaimana kondisi lahan bergambut dirancang sehingga bisa produktif,”tukasnya.

Khemal berpandangan, apabila pertanian berkembang dan kesejahteraan petani meningkat, maka niscayalah, masyarakat tak perlu khawatir terhadap dinamika yang terjadi, karena kebutuhan pangan sudah mampu dipenuhi secara mandiri. (MC. Isen Mulang.1/prokomk/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*