INFO
Palangka Raya Bebas Pasung ODGJ

Palangka Raya Bebas Pasung ODGJ

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia pada Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Ekha Raya E Dohong mengatakan tahun ini Pemerintah Kota Palangka Raya mendeklarasikan bebas pasung bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Program inipun langsung direspon oleh Dinas Sosial Kota Palangka Raya bersama satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) tingkat kota maupun provinsi untuk menangani ODGJ.

Sejak 1-21 Januari 2020 ini saja Tim Respon Dinas Sosial Kota Palangka Raya dibantu SOPD teknis telah mengevakuasi tiga ODGJ. Dari 3 ODGJ ini satu di antaranya dipasung selama 2 tahun.

ODGJ yang dipasung ini bernama Pandi, warga Jalan Surung, Kelurahan Sabaru. Pandi dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei setelah dapat persetujuan pihak keluarga, Selasa (21/1/2020).

Ekha menjelaskan komitmen Kota Palangka Raya bebas pasung ini merupakan tekad semua SOPD teknis, baik itu tingkat kota maupun Provinsi Kalimantan Tengah.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada siapa saja yang mengetahui jika ada ODGJ dipasung, maka diminta melapor ke dinas sosial agar bisa ditangani atau diobati di RSJ Kalawa Atei. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*