INFO
Palangka Raya Harus Penuhi Syarat Standar New Normal

Palangka Raya Harus Penuhi Syarat Standar New Normal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengungkapkan, upaya untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19, terus dilakukan.
Terutama membangun kesadaran masyarakat dalam mengedepankan protokol kesehatan.

“Menerapkan pola hidup bersih, menggunakan masker dan menjaga jarak. Inilah yang terus kami tekankan kepada masyarakat Kota Palangka Raya,”ungkapnya, Senin (29/6/2020).

Dalam bagian lain lanjut Fairid, salah satu upaya pihaknya melalui gugus tugas Covid-19 kota setempat, adalah memaksimalkan pendeteksian dini dan tracing terhadap potensi penyebaran Covid-19.

Bagusnya saat ini kata dia alat polymerase chain reaction (PCR) atau alat tes swab Covid-19 telah di terima Pemko Palangka Raya dan sudah di tempatkan di RSUD Kota Palangka Raya.

“Setidaknya kita sudah bisa uji specimen Covid-19 secara mandiri, sekaligus membantu kinerja dari tim deteksi dini dan tracing melakukan pengejaran kontak erat Covid-19 lebih cepat,”harapnya.

Sementara itu terkait dengan upaya menuju tatanan hidup baru atau new normal, maka sebut Fairid, ada syarat yang harus dipenuhi. Yaitu sejalan Permenkes Nomor 7 Tahun 2020.

Adapun syarat yang ditentukan suatu daerah bisa menuju new normal, maka indeks reproduksi efektif (Rt) harus di bawah satu yaitu dengan angka 0,5.

“Berdasarkan kajian epidemologi, maka angka Rt Palangka Raya harus berada di bawah angkat satu, yaitu 0,5. Bila itu tercapai, maka sudah bisa menerapkan new normal,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*