TERKINI

Palangka Raya Kelebihan Guru IPA dan IPS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Jika dalam beberapa tahun lalu penempatan guru di Palangka Raya menumpuk di daerah perkotaan, namun kondisi ini secara berangsur sudah mulai berkurang.

Berkurangnya guru yang menumpuk di salah satu sekolah tertentu misalnya menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan Senin, (26/2) karena setiap tahun jumlah guru berkurang karena pensiun.

Dengan demikian kasus menumpuknya guru di kota secara perlahan-lahan berkurang dengan sendirinya. Apalagi dalam setiap tahun ada sekitar 200 lebih guru di Palangka Raya yang pensiun.

Namun diakui Sahdin khusus tingkat SMP  masih ada beberapa sekolah yang kelebihan guru. Berlebihnya guru di tingkat SMP ini karena dampak dileburnya guru mata pelajaran menjadi satu.

Misalnya jika dulu ada guru biologi dan guru fisika, maka sekarang dua mata pelajaran tersebut digabung menjadi satu mata pelajaran yakni ilmu pengetahuan alam (IPA).

Begitu pula dengan mata pelajaran sejarah dan mata pelajaran koperasi saat ini digabung menjadi satu yakni pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Dengan digabungnya mata pelajaran inilah mengakibatkan di Palangka Raya kelebihan guru. Meski begitu dinas pendidikan tetap memfungsikan mereka menjadi tenaga pengajar.

Sebagian guru tersebut diminta mengajar di sekolah lain yang masih kekurangan tenaga pendidik. “Kami sudah melakukan pemetaan untuk mengisi sekolah-sekolah yang kekurangan guru,” tuturnya.

Sahdin menambahkan problem lain selain masalah kelebihan guru saat ini dinas pendidikan juga dihadapkan pada masalah akses dan transportasi para guru yang bertugas di daerah pinggiran kota.

“Betul sudah kita sediakan kelotok dan angkutan lainnya untuk menuju tempat tugas, tapi biaya untuk ke sana sangat mahal, sehingga masalah ini menambah beban bagi guru,” imbuhnya. 

Meski demikan semua masalah tersebut tidak menyurutkan semangat Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya untuk melakukan penataan kembali terhadap guru-guru tersebut. (MC. Isen Mulang)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*