INFO
Palangka Raya Raih Penghargaan Dalam Ajang Indonesia Innovation Awards

Palangka Raya Raih Penghargaan Dalam Ajang Indonesia Innovation Awards

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menerima penghargaan bergengsi dalam “Indonesia Innovation Award 2019” bertempat di Grand Ballroom Hotel Fairmont Jakarta, Kamis (25/4/19).

Walikota hadir didampingi Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kepala Balitbangda, Kepala Diskominfo, dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Januminro.

Palangka Raya meraih penghargaan tersebut atas inovasi yang digagas oleh Januminro selaku inovator adalah Perangkat Peringkat dini kebakaran hutan dan lahan gambut tingkat tapak.

Kepala Balitbangda Kota Palangka Raya menjelaskan “kegiatan Indonesia Innovation Award 2019, diikuti 200 lebih peserta dari seluruh Indonesia yang ikut penilaian inovasi daerah dan salah satunya Palangka Raya menjadi pemenang”. IIA 2019 ini merupakan penghargaan pertama yang diterima walikota semenjak menjabat dan penghargaan pertama tingkat nasional sejak adanya Badan Litbang Kota Palangka Raya, jelas Barit Rayanto.

Berdasarkan Keputusan Sidang Pleno Dewan Juri ‘Indonesia Innovation Award 2019’, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya, ditetapkan menjadi pemenang ‘Indonesia Innovation Award 2019’. Dewan Juri menilai bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya layak untuk menerima penghargaan ‘Indonesia Innovation Award 2019 ‘Kategori Khusus Innovation on Perangkat Peringkat dini kebakaran hutan dan lahan gambut tingkat tapak, karena Pemerintah Kota Palangka Raya telah melakukan terobosan dalam hal inovasi.

Januminro sebagai inovator mengatakan, Perangkat Peringkat dini kebakaran hutan dan lahan gambut tingkat tapak, merupakan perangkat sederhana yang memiliki fungsi memberikan informasi terkait dengan risiko dan potensi kebakaran lahan gambut. Informasi tingkat risiko dan potensi kebakaran lahan, menjadi acuan bagi masyarakat dan Tim Relawan /serbu Api yang telah dibentuk untuk selalu bersiaga dan menjadi acuan dalam melakukan respon cepat untuk meminimalisir dampak meluasnya kebakaran lahan gambut.

Penghargaan Indonesia Innovation Award Kategori Khusus 2019 untuk Pemerintah Kota Palangka Raya merupakan kategori yang memiliki keunikan tersendiri dari inovasi yang dilakukan. (MC. Isen Mulang/nai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*