INFO
Palangka Raya Siap Operasikan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu 

Palangka Raya Siap Operasikan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan merupakan program baru dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Tim Kemensos melakukan audensi assesment dengan Pemerintah Kota Palangka Raya bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis (26/9/2019).

SLRT adalah sistem yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, yang kemudian menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh Pemerintah dan Non Pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka, ucap Fahmi salah satu narasumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Lanjutnya, program ini digunakan untuk menangani fakir miskin dan orang tidak mampu dan disesuaikan dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 Tahun 2018 tentang Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.

Asisten Administrasi Umum, Kandarani menyampaikan bahwa SLRT merupakan program baru yang baik untuk diterapkan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menurunkan jumlah orang tidak mampu, fakir miskin  sehingga dapat menaikkan  taraf hidup masyarakat khususnya di Kota Palangka Raya.

Beta Syailendra, Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya menyampaikan SLRT ini akan di tangani oleh Lintas SOPD, bukan hanya di Dinsos Kota Palangka Raya tetapi dikerjakan juga oleh Dinkes, Dukcapil, Bappeda dan dinas lainnya yang mengurus banyak hal, perlu dibentuk tim, perlu dikaji dan ditekankan kepada fasilitator dan koordinator untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat dan ini merupakan program untuk mensejahterakan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan, tutupnya. (MC Isen Mulang/Iin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*