INFO
Palangka Raya Urutan 17 Daerah Paling Rawan Karhutla

Palangka Raya Urutan 17 Daerah Paling Rawan Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sampai saat ini wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya masih berlangsung musim kemarau.

Akibat musim kering ini sebagian wilayah Kota Palangka Raya terbakar dan menyebabkan kondisi udara tidak sehat, karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sebagai daerah yang berlahan gambut, sehingga menjadikan wilayah Kota Palangka Raya menjadi salah satu daerah yang masuk kategori paling rawan terjadi Karhutla.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Sihang secara nasional, Kota Palangka Raya menempati urutan 136 daerah paling rawan Karhutla.

“Namun untuk regional Kalimantan, Kota Palangka Raya menempati urutan 17 daerah paling rawan Karhutla,” tutur Sihang saat menerima kunjungan kerja Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kamis (4/10/2018).

Meski saat ini wilayah Kota Cantik Palangka Raya sudah diselimuti kabut asap akibat Karhutla, namun menurut Sihang statusnya belum bisa dinaikkan menjadi darurat Karhutla.

“Sampai saat ini status Karhutla di Palangka Raya masih siaga darurat. Aktivitas masih normal, jadi belum ada yang diliburkan dan warga belum memakai masker,” imbuhnya.

Menurut Sihang, sesuai aturan untuk menetapkan status darurat Karhutla ada tahapannya dan idealnya per tiga bulan sekali. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*