INFO

Pameran Lowongan Kerja Diikuti 34 Perusahaan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 34 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kota Palangka Raya membuka pameran lowongan kerja di aula Palangka, Universitas Palangkaraya, Selasa (11/4/2017).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari berakhir Rabu (12/4/2017) ini bertajuk pameran lowongan kerja Palangka Raya Job Fair 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Palangka Raya, Kandarani mewakili Walikota, Riban Satia membuka kegiatan tersebut.
Hadir pada acara itu sejumlah pejabat baik kota maupun provinsi termasuk dihadiri langsung Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja RI, Nurahman

“Ada 34 perusahaan yang mendirikan stand lowongan kerja,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Said Sulaiman.

Said yang juga sebagai ketua panitia pelaksana menuturkan kegiatan itu digelar untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

“Tujuannya terwujudnya optimalisasi penyerapan lokal serta menciptakan suatu ruang temuan antara tenaga kerja dan yang memberi kerja. Kita targetkan 1.500 dapat lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutan walikota yang dibacakan Kandarani, tujuan umum bidang ketenagakerjaan di Kalteng, khususnya Palangka Raya adalah membentuk iklim sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung produktivitas tenaga kerja sehingga dapat hidup layak, berkualitas dan sejahtera.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja yang harmonis serta saling menguntungkan.

Dia menuturkan masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia selama ini disebabkan adanya ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja.

Dimana jumlah pencari kerja setiap tahun semakin meningkat, sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sedikit.

Selain itu ketidakseimbangan yang juga dapat diakibatkan kurangnya kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja. Sering terjadi perusahaan pengguna tenaga kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia. Kesenjangan itu berdampak tidak semua pencari kerja dapat menempati lowongan kerja yang ditawarkan.

Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Nurahman mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab ini dapat memudahkan bagi mereka yang mencari lapangan kerja.

Pantauan di lokasi pameran, ratusan masyarakat, baik lulusan sarjana maupun yang masih mahasiswa mengantri untuk memasuki stand pameran.

Sedangkan mereka yang sudah memasuki lokasi pameran, berkomunikasi dengan penjaga stand untuk selanjutnya mengambil formulir pekerjaan yang ditawarkan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*