INFO

Pancasila Sebagai Pegangan dan Ideologi Generasi Muda kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Adanya suatu negara tidak lepas dari perjuangan para leluhur bangsa itu sendiri, dengan cita dan tekad yang sama membentuk suatu negara yang adil dan makmur. Salah satu organisasi kepemudaan di kota Palangka Raya yaitu Consentrasi Generasi Muda Demokrasi (CGMDI) melaksanakan Kongres I dan Seminar bertempat di Aula Hotel Dandang Tingang Jalan Yos Sudarso no.13 Palangka Raya, Kamis (16/1/2020).

Dalam sambutannya ketua panitia Kongres CGMDI Yongki Agustar menyampaikan, “Pemuda dan politik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, pemuda adalah agen perubahan dalam kehidupan bangsa. Politik adalah salah satu bidang terpenting dalam kehidupan tersebut”. Bangsa Indonesia tidak akan bisa melangkah ke depan, tanpa generasi muda yang aktif dalam kancah politik. Generasi milenial itu sendir harus melahirkan aktor-aktor politik yang berketuhanan, berkualitas, berkeadilan, berkemanusian, berkepribadian dalam kebudayaan, bijaksana dan demokratis.

Sigit Karyawan Yunianto Ketua DPRD Kota Palangka Raya dan juga mewakili dari DPD PDI Perjuangan dalam pembukaan acara seminar mengatakan, “Yang terpenting organisasi adalah berkomitmen dalam pembagunan nasional, saya yakin generasi pemuda kita tidak kalah dengan generasi pemuda di provinsi lain”. Dan yang lebih penting lagi oganisasi ini adalah azas ideologinya adalah Pancasila.  “Jika di partai kami ada yang tidak mengakui dirinya berideologi Pacasila, silahkan keluar dari partai kami”, ujar Sigit dengan tegas.

Dalam Seminar CGMDI ini hadir juga sebagai narasumber H.M Riban Satia, yang menyampaikan juga Pancasila yang berisi lima sila yang menjadi landasan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila juga sumber dari segala sumber humum yang mengilat setiap warga negaranya. Ideologi Pancasila bersifat reformatif, dinamis dan terbuka yang mampu menyesuaikan diri dalam setiap perubahan yang membawa perbaikan bagi kehidupan bangsa Indonesia. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*