INFO
Panitia Natal PWI Kalteng Kunjungi Yayasan JAM Untuk Berbagi Kasih

Panitia Natal PWI Kalteng Kunjungi Yayasan JAM Untuk Berbagi Kasih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Yayasan Joint Adulam Ministry (JAM) yang beralamatkan di Jalan Tjilik Riwut Km 18, Kota Palangka Raya saat ini menangani 17 pasien gangguan kejiwaan, namun sebagiannya sudah mulai membaik.

Ketua Yayasan JAM, Charles M Hamun mengatakan jumlah tersebut terdiri atas 7 laki-laki dan 10 perempuan. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kalteng. 

Mereka juga ada yang memang ditemukan di jalanan diantar petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) maupun dijemput langsung.

“Yayasan ini sudah 15 tahun berdiri, yang dahulunya selama dua tahun berada di Jalan RTA Milono. Sampai sekarang kita sudah menangani 460 pasien dan saat ini sisa 17,” kata Charles saat menerima kunjungan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah, Rabu (12/12/2018).

Sebagian besar pasien sudah dikembalikan ke keluarganya, Namun proses pengembalian tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Bahkan hal itu menjadi kendala utama mereka agar pasien yang sudah sembuh bisa berkumpul di tengah masyarakat.

“Karena rata-rata mereka tidak diterima. Jadi kendala kita cuma proses pemulangan,” ucap Charles yang juga mantan Sekda Kota Palangka Raya ini.

Selanjutnya dari 17 orang sisanya itu ada satu laki-laki yang memang sejak awal sampai saat ini berada di yayasan ini. Sebelumnya dia sebagai pensiunan PNS.

Namun karena ditinggal istri dan anaknya, dia tidak kuat menahan seorang diri hingga mengalami gangguan kejiwaan.

Dalam menangani pasien yang terkena gangguan kejiwaan, Charles bersama istri, Martha Mariamun dan anaknya yang melakukan pembinaan lebih mengutamakan kesabaran.

Kemudian mengedepankan disiplin tingkat tinggi dan harus beraktivitas. “Minimal mencabut rumput. Kita juga ada ternak. Jadi harus ada aktivitas. Harus ada geraknya,” tuturnya.

Terkait kedatangan PWI Kalteng, Charles mengucapkan terima kasih karena mendapat perhatian. Sementara itu Ketua Panitia Natal PWI Kalteng, Vivin mengatakan kedatangannya ke yayasan ini untuk berbagi kasih. Hal itu juga diamini Plt Ketua PWI Kalteng, Ririn Sadagori H Binti. (MC. Isen Mulang)

 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*