TERKINI

Pansus III DPRD Palangka Raya Sosialisasi Dua Perda Kepariwisataan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) melakukan sosialisasi di kantor Kecamatan Pahandut, Rabu (31/8/2017).

Materi sosialisasi produk perundang-undangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Tahun 2017-2028 dan Perda tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan.

Sosialisasi ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari Satpol PP, Bappeda, aparatur kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh adat, TNI, dan kepolisian.

Sedangkan dari Pansus III juga melibatkan pengamat sosial dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Sabian Utsman sebagai nara sumber.

Inti dari sosialisasi ini pihak dewan mengharapkan nantinya dua perda yang sudah disahkan menjadi produk hukum daerah ini benar-benar bisa diimplementasikan guna memajukan industri pariwisata.

“Agar dua perda ini bisa diterapkan, maka terlebih dahulu harus dibuatkan peraturan walikotanya,” saran Subandi, Anggota Pansus III didampingi Mukarramah.

Subandi menjelaskan dalam Perda Kepariwisataan ini lebih banyak mengatur para pelaku usaha yang berniat mengembangkan bisnis sektor pariwisata di Kota Cantik.

Salah satu pasal dalam Perda yang dibuat ini lebih menekankan agar para calon investor terlebih dahulu wajib mengurus izin sebelum menjalankan usahanya.

Maka dari itu para stake holder, khususnya instansi pemberi izin harus proaktif memberikan pelayanan prima, sehingga izin yang diajukan cepat diproses yang muaranya investasi bidang kepariwisataan bisa cepat dimulai atau dilaksanakan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*