INFO
Para Guru Mulai Susun Soal UN dan USBNBK 2019

Para Guru Mulai Susun Soal UN dan USBNBK 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Para tenaga pendidik yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Palangka Raya mulai menyusun soal ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional berbasis komputer (UNBK).

Rencananya UN dan UNBK akan dilaksanakan 15-23 Maret 2019. Khusus MGMP bahasa Indonesia SMA dan MA saat ini para guru sedang giat-giatnya menyusun soal yang akan diujikan nanti.

Jaya Kusuma, guru SMAN 4 Palangka Raya mengatakan pada 2019 ini pelaksanaan ujian berbeda dari tahun sebelumnya yaitu berbasis komputer sesuai permintaan dinas pendidikan provinsi.

“Walau untuk teknis dan realisasi pelaksanaan di sekolah masih belum ada kejelasan, namun MGMP bahasa Indonesia SMA/MA Kota Palangka Raya siap memenuhi permintaan dari dinas pendidikan tersebut,” tulis Jaya, Senin (28/1/2019).

Dia menjelaskan penyusunan soal bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib disemua jurusan baik IBB, MIPA dan IPS harus memenuhi kisi-kisi soal yang sudah dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Selain itu harus memperhatikan kaidah kebahasaan yang benar, pengetikan, jenis huruf, spasi, dan yang lainnya harus mengacu sesuai pedoman penyusunan soal yang berlaku.

Dijelaskan penyusunan soal terdiri dari dua paket yaitu soal utama dan susulan. Namun dalam penyusunan soal terbagi menjadi empat jenis. Pertama, paket soal kurikulum 2006 terdiri dari soal utama dan susulan untuk jurusan IBB, MIPA dan IPS.

Kedua, paket soal kurikulum 2013 terdiri dari soal utama dan soal susulan untuk jurusan IBB, MIPA dan IPS. Selain penyusunan soal, kisi-kisi soal dan kartu soal juga dibuat.

Dia menyebut ada yang berbeda dari mata pelajaran lain di MGMP bahasa Indonesia SMA/MA yaitu ada juga penyusunan soal bahasa dan sastra Indonesia (peminatan) untuk jurusan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB).

Untuk 2019 penyusunan soal bahasa dan sastra indonesia (peminatan) hanya yang kurikulum 2013 terdiri soal utama dan soal susulan. Tentu kisi-kisi soal dan kartu soal juga dibuat sebagaimana soal bahasa Indonesia (mata pelajaran wajib) semua jurusan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*