INFO
Pariwisata di Kalteng Perlu Promosi dan Pemasaran

Pariwisata di Kalteng Perlu Promosi dan Pemasaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Staf Khusus Tim Percepatan Calender of Event Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Tazbir Abdullah mengatakan, jika  potensi pariwisata di Kalimantan Tengah (Kalteng) begitu menjanjikan.

Namun demikian kata dia,  agar potensi wisata itu dapat menjadi tujuan pariwisata dunia, maka diperlukan  dorongan kuat dalam hal mempublikasi  maupun  promosi termasuk pemasaran.

“Wisata alam dan wisata seni budaya di Kalteng  sangat tinggi nilainya. Ini salah satu mengapa Kemenpar RI memberikan dorongan upaya penguatan promosi dan pemasaran pariwisata,” ungkapnya usai acara bimbingan teknis (bimtek) pemasaran pariwisata, Jum’at  (5/4/2019), di Hotel Aquarius Palangka Raya.

Disampaikan, kondisi pariwisata Indonesia di tahun 2019 ini adalah menjadikan Indonesia sebagai tujuan pariwisata dunia. Termasuk di dalamnya pariwisata alam dan budaya di Kalteng.

“Provinsi Kalteng di bulan Mei bakal menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) , kemudian pada pada Juli digelar  Festival Babukung. Nah, ini perlu promosi dan pemasaran yang kuat,” cetusnya.

Ditempat yang sama anggota Komisi X bidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan DPR RI, Asdi Narang saat membuka kegiatan bimtek tersebut mengungkapkan, jika promosi menggunakan media dan juga jejaring sosial memiliki peran penting untuk memajukan pariwisata di Kalteng.

“Terpenting juga pariwisata di Kalteng perlu ditunjang dengan infrastruktur guna mendorong potensi wisata ke destinasi wisata,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan menyampaikan Kalteng saat ini memiliki destinasi wisata  seperti Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP)di Kotawaringin Barat.

“TNTP telah menjadi ikon pariwisata  prioritas di Kalteng, Gubernur  Kalteng terus mendorong pengembangan potensi wisata ini. Apalagi sudah dikenal wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Baru-baru ini tambah dia, destinasi TNTP menjadikan Kalteng satu-satunya Provinsi di Kalimantan yang mendapat penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), yakni penghargaan tertinggi pada bidang kepariwisataan.

“Pemprov Kalteng  serta pemerintah kabupaten/kota terus  menggali potensi wisata yang mampu menjadi destinasi prioritas. Contoh di Palangka Raya ada wisata ‘Air Hitam’ yang masuk pada kawasan Taman Nasional Sebangau,” katanya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*