INFO

Patroli Potensi Titik Api, Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu Tandai Lahan Rawan Karhutla

Patroli Potensi Titik Api, Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu Tandai Lahan Rawan KarhutlaMEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya, Polsek Bukit Batu jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng, melalui para Bhabinkamtibmas melakukan pemetaan pada kawasan yang rawan.

Hal tersebut dilakukan oleh Bripka Priyo Waluyo bersama Tim Patroli Terpadu pada beberapa lahan di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (18/6/2021).

Penandaan lokasi rawan karhutla menggunakan bendera yang berwarna kuning pada lahan mulai mengering dan berstatuskan siaga, sedangkan merah pada lahan telah mengering secara keseluruhan dan berstatuskan bahaya.

“Ada beberapa lahan yang kami temui dan ditandai dengan bendera kuning, sebab kondisinya yang didominasi oleh semak belukar dan tanah gambut, selain itu juga banyaknya aktivitas pertanian di sekitarannya,” ungkap Priyo.

Selain itu, petugas juga menelusuri sekitaran lahan tersebut guna menemukan sumber air yang dapat digunakan untuk upaya pemadaman apabila nantinya terjadi kebakaran hutan maupun lahan di lokasi tersebut.

Setelah melakukan kegiatan tersebut, petugas pun bergerak untuk mengimbau masyarakat sekitar untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya karhutla, mengingat banyaknya lahan yang rawan dan berpotensi. (MC. Isen Mulang/HumasPolres/Nitra/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*