INFO
Pawai Ogoh-Ogoh meriahkan Hari Raya Nyepi

Pawai Ogoh-Ogoh meriahkan Hari Raya Nyepi

Media Center, Palangka Raya –  Ketua PHDI Provinsi Kalimantan Tengah Prof.Dr. I Nyoman Sudnyana, M.Sc. saat ditemui kru media center di lokasi pura pitamaha,  mengatakan bahwa ada lima ogoh-ogoh yang akan diarak keliling Kota Palangka Raya,” ujarnya. Rabu (6/3/2019).
 
Dalam pawai ogoh-ogoh peringatan tahun baru saka 1941 ini, selain ogoh-ogoh panitia juga menampilkan pawai  khas lokal dari Hindu Kaharingan yaitu Bukung.
 
Menurutnya, pawai ini setiap tahun dilaksanakan, dengan tema yang berbeda-beda, dan masyarakat kota palangka raya cukup antusias untuk melihat, peserta pawai juga diikuti oleh umat Hindu di Palangka Raya dan sekitarnya, baik Hindu Bali maupun  Hindu Kaharingang.
 
“Selain ogoh-ogoh, juga ada Bukung yang nanti diharapkan menjadi aset wisata Kalimantan Tengah,” ungkapnya.
 
Tradisi ini harus terus dilestarikan dan diperkenalkan bagi anak-anak penerus bangsa, dan menanam tradisi budaya sejak kecil ditumbuhkan semangat dan bangga dengan budaya Indonesia.
 
I Nyoman Sudana,juga  mengimbau melalui Hari Raya Nyepi, mari kita seluruh umat Hindu sukseskan Pemilu Tahun 2019,” ucapnya.
 
Perayaan Nyepi kali ini bertepatan dengan pemilihan Presiden, wakil presiden dan pemilihan Legislatif, di imbau agar warga Hindu khususnya, untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya dalam mensukseskan pemilihan umum dan pilihlah sesuai dengan pilihan hati nurani,” tutupnya. (MC Isen Mulang/in)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*