INFO
Pedagang Wajib Kantongi Suket Bebas Covid-19

Pedagang Wajib Kantongi Suket Bebas Covid-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta warga tidak perlu takut saat tim dari Gugus Tugas Covid-19 setempat, melaksanakan rapid test massal atau tes cepat Covid-19.

“Terutama rapid test yang dilakukan kepada para pedagang di pasar tradisional. Ini penting sehingga pedagang dapat mengantongi surat keterangan (suket) bebas Covid-19,ungkapnya, Senin (13/7/2020).

Menurut Fairid, gugus tugas telah memberlakukan ketentuan bagi para pedagang, dimana diwajibkan mengantongi suket rapid test agar bisa kembali melaksanakan aktivitas berdagang.

“Suket bebas Covid-19 ini salah satunya merupakan hasil rapid test dengan status non reaktif atau hasil test cepat dari swab test/PCR dengan hasil negatif,”ujarnya.

Besar harapan kata Fairid, warga terutama para pedagang dapat lebih aktif bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi tidak perlu sembunyi, ragu, lari ataupun menolak ketika ada dilaksanakan rapid test. Ini semua untuk kepentingan warga itu sendiri, bukan untuk siapa-siapa,”tukasnya.

Begitupun lanjut Fairid, ketika isu liar berkembang terkait pelaksanaan tes cepat tersebut. Seperti ada kekhawatiran ketidaksterilan atau ketidakamanan dalam pelaksanaan tes di lapangan. Sebut saja penggunaan alat berupa sarung tangan petugas tidak berganti begitupun alat suntik.

“Tenaga medis kita melakukan dengan profesional. Warga tak perlu kuatir, satu orang warga dirapid dengan alat suntik sendiri dan alat lain yang semuanya steril,”bebernya.

“Begitupun ketika ada permintaan, tim medis yang datang tidak perlu memakai APD lengkap. Nah, inipun oleh gugus tugas sudah menyesuaikan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,”tambahnya.

Terlepas dari itu sambung Fairid, kita akan terus melaksanakan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya rapid test. Terlebih bagi pedagang, tentu akan membawa sisi positif, dimana pelanggan tidak ragu manakala mengetahui penjualnya bebas dari Covid-19.

“Bagusnya saat ini sudah ada pemahaman yang baik dari warga, bahkan tidak sedikit warga yang meminta dirinya dilakukan tes cepat dalam pelaksanaan rapid test massal secara gratis ini,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*